Lapas Narkotika Bangli Panen Perdana Vanili, WBP Raih Keterampilan Baru dan Peluang Ekonomi

Lapas Narkotika Bangli Panen Perdana Vanili, WBP Raih Keterampilan Baru dan Peluang Ekonomi
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Pramella Yunidar Pasaribu, melaksanakan panen perdana tanaman vanili di Lapas Narkotika Kelas II Bangli, Selasa (9/7).

Panjinusantara, Bangli – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Bali, Pramella Yunidar Pasaribu, melaksanakan panen perdana tanaman vanili di Lapas Narkotika Kelas II Bangli, Selasa (9/7).

Acara panen ini menjadi momen penting dalam rangkaian program pembinaan kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), di Lapas Narkotika Kelas IIA Bangli.

Bacaan Lainnya

Lapas Narkotika Bangli Panen Perdana Vanili, WBP Raih Keterampilan Baru dan Peluang Ekonomi

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Pramella Yunidar Pasaribu, didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, I Putu Murdiana, menyampaikan apresiasinya yang tinggi kepada Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Bangli, beserta seluruh jajaran, yang telah berkontribusi dalam kesuksesan program ini.

Baca Juga : https://panjinusantara.com/2024/07/09/menjadikan-pemasyarakatan-pasti-berdampak-kanwil-kemenkumham-bali-laksanakan-kunjungan-ke-lapas-narkotika-kelas-iia-bangli/

“Tanaman vanili ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi warga binaan serta pembinaan dari petugas lapas,” ujarnya

“Program ini tidak hanya memberikan keterampilan baru bagi warga binaan, tetapi juga membuka peluang ekonomi yang dapat membantu mereka setelah bebas nanti,” ucap Pramella.

Panen perdana ini merupakan hasil dari program pembinaan keterampilan bercocok tanam yang telah dijalankan selama dua tahun terakhir.

Vanili dipilih karena memiliki nilai ekonomi tinggi dan potensi pasar yang besar, baik di dalam negeri maupun untuk ekspor. Selain itu, budidaya vanili dinilai sesuai dengan kondisi iklim dan tanah di daerah Bangli.

“Kita berharap hasil dari program ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat nyata bagi warga binaan,” paparnya.

“Semoga hasil panen ini dapat menembus pasar,” harap Pramella.

Baca Juga : https://panjinusantara.com/2024/07/09/tingkatkan-kinerja-dan-bekerja-secara-profesional-kanwil-kemenkumham-bali-gelar-rapat-evaluasi-capaian-kinerja-semester-i-tahun-2024/

Dengan adanya program budidaya vanili ini, Lapas Narkotika Kelas II Bangli, berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembinaan dan pemberdayaan warga binaan, sehingga mereka dapat kembali ke masyarakat dengan bekal keterampilan dan semangat baru.

“Tentunya ini mendukung Pemasyarakatan PASTI Berdampak,” kata Pramella.

Suksesnya panen perdana vanili di Lapas Narkotika Kelas II Bangli, menjadi bukti nyata komitmen Kemenkumham Bali, dalam memberikan bekal keterampilan dan peluang ekonomi bagi para WBP.

Program ini diharapkan dapat membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih baik setelah bebas nanti, dan menjadi anggota masyarakat yang produktif.(Ana)

Ikuti Berita Online Terupdate: https://panjinusantara.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *