Hari Ketiga Operasi Patuh Semeru 2024, Polres Jombang Menindak 89 Pelanggaran Lalu Lintas

Panjinusantara, Jombang – Satlantas Polres Jombang, mencatat 89 pelanggaran lalu lintas pada hari ketiga Operasi Patuh Semeru 2024. Puluhan kendaraan itu terjaring di simpang empat Jalan Brigjen Kretarto Sambong Jombang, Rabu (17/7/2024).

“Pada operasi patuh Semeru 2024 hari ini, petugas mencatat ada sekitar 89 pelanggaran. Kalau total pelanggan tilang manual dan ETLE jumlahnya 108,” kata Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi, melalui Kasihumas Iptu Kasnasin, kepada wartawan, Rabu (17/7/2024).

Bacaan Lainnya

Baca Juga : https://panjinusantara.com/2024/07/17/direktur-pt-gti-indah-catur-agustin-dituntut-3-tahun-penjara-menurut-penasehat-hukum-terdakwa-tuntutan-jaksa-tidak-masuk-akal/

Pelangaran didominasi pengemudi tidak memakai sabuk keselamatan berjumlah 32 orang. Kemudian terbanyak kedua tidak menggunakan helm SNI sebanyak 20 orang, lalu melawan arus ada 17 pengendara, kemudian masih di bawah umur ada 12 orang, dan motor menggunakan knalpot tidak sesuai standar sebanyak 8 kendaraan.

“Penindakan terhadap pengendara yang melanggar lalu lintas dilakukan secara preemtif atau imbauan dan preventif, mulai dari teguran, peringatan, hingga menindak tilang sebagai edukasi,” ujarnya.

Baca Juga : https://panjinusantara.com/2024/07/17/integrasikan-ham-dalam-peraturan-perundang-undangan-dirjen-ham-berikan-arahan-terkait-permenkumham-no-16-tahun-2016/

Iptu Kasnasin, menjelaskan bahwa Operasi Patuh Semeru 2024, bertujuan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan di wilayah hukum Polres Jombang.

Selain penindakan, kepolisian juga mengedepankan upaya preventif melalui edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Dengan adanya operasi ini, kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas dapat meningkat sehingga kondisi lalu lintas yang aman, nyaman, dan tertib di wilayah Jombang.

“Kami berharap pengguna jalan bisa lebih tertib berlalu lintas, baik saat ada maupun tidak ada petugas kepolisian serta sopan dalam berkendara untuk mewujudkan tertib lalu lintas,” harapnya.**@wan

Ikuti Berita Online Terupdate: https://panjinusantara.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *