Rapat Pleno Tiga Paslon Pilgub Jatim Kantongi Nomor Urut

Foto : Ketua KPU Jawa Timur, Aang Khunaifi,

Panjinusantara, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah menyelesaikan Rapat Pleno terkait pengundian dan penetapan nomor urut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dalam Pilkada Serentak 2024.

Acara tersebut digelar di Hotel Mercure, Surabaya, pada Senin (23/9/2024), dan ketiga paslon hadir langsung di lokasi acara dengan diiringi ratusan pendukung masing-masing.

Bacaan Lainnya
Rapat Pleno Tiga Paslon Pilgub Jatim Kantongi Nomor Urut
Foto : Ketiga Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, yakni Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim (LUMAN), mendapatkan nomor urut 1. Khofifah Indar Parawansa dan Cawagub Emil Elestianto Dardak, mendapatkan nomor urut 2. Tri Rismaharini (Risma) – Cawagub Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), mendapatkan nomor urut 3.

Dalam hasil pengundian dan penetapan nomor urut ini yang melibatkan Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jawa timur yakni, Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim (LUMAN), mendapatkan nomor urut 1.

Pasangan ini mendapat dukungan dari partai politik (parpol) pemenang Pileg Provinsi Jatim, PKB. Bahkan dalam pengundian nomor urut ini.

Baca Juga : Setelah Dapat Nomor Urut 1, Eri Cahyadi-Armuji Resmikan Posko Pemenangan di Surabaya

Kemudian, Pasangan Cagub Khofifah Indar Parawansa dan Cawagub Emil Elestianto Dardak, yang mendapatkan dukungan hingga 14 parpol, mendapatkan nomor urut 2.

Selanjutnya, Cagub Tri Rismaharini (Risma) – Cawagub Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), mendapatkan nomor urut 3. Duet ini diusulkan gabungan PDIP dan Hanura, serta didukung Partai Ummat.

Ketua KPU Jawa Timur, Aang Khunaifi, menegaskan bahwa KPU Jatim telah melaksanakan rapat pleno terbuka untuk pengundian dan penetapan nomor urut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, yang diikuti oleh tiga pasangan calon.

Proses pengundian nomor urut dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, serta berlangsung secara transparan dan terbuka untuk umum.

Baca Juga : Erji Dapat Nomor 1, Masih Ngantor di Pemkot Surabaya

Selanjutnya dalam waktu dekat akan digelar deklarasi pemilu damai yang akan diikuti oleh ketiga paslon untuk mengikuti kontestasi dalam Pilkada Jatim 2024, sebelum memasuki masa kampanye yang akan dilakukan selama 60 hari, dimulai pada 25 september 2024.

“Setelah kemarin tiga paslon ditetapkan, pada Senin 23 September 2024 hari ini, akan dilakukan pengundian nomor urut bagi tiga pasangan calon,” tuturnya.

“Kemudian besok atau selasa, 24 September 2024, akan dilakukan Deklarasi Kampanye Damai di Tugu Pahlawan Surabaya. Baru pada Rabu 25 september lusa, dilakukan tahapan kampanye hingga 23 November 2024,” ucap Aang.(Har)

Ikuti Berita Online Terupdate: https://panjinusantara.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *