Regu Penggalang Putra SDN Pepe Kec.Sedati, Sidoarjo, raih juara 1 pada Ajang Lomba Tingkat 2

Sidoarjo, Panjinusantara.com – Regu Penggalang Putra SDN Pepe Kecamatan Sedati, Sidoarjo, raih juara 1 pada Ajang Lomba Tingkat (LT) 2 yang digelar oleh Kwartir Ranting (Kwarran) kecamatan Sedati, di Bumi Perkemahan Tanjeg Wager kecamatan Krembung, pada 12-14 September 2023. Selain regu Putra, regu Putri juga berhasil raih juara 2 pada LT 2.

Sejak 2018 regu Penggalang Gerakan Pramuka SDN Pepe ini rutin raih juara 1 pada LT 2 hingga sekarang 2023, baik regu Putra maupun regu Putri. Dari juara 1 ini regu Putra Penggalang Gerakan Pramuka otomatis maju untuk mengikuti LT 3 yang diadakan oleh Kwarcab kabupaten Sidoarjo.

Bacaan Lainnya

Kesuksesan ini tentunya berkat dukungan dari semua pihak, baik itu Kepala sekolah, dewan guru, termasuk pembina ( pelatih ) yang ahli dibidangnya, dan wali murid serta kekompakan siswa siswi saat berlatih.

Kepala SDN Pepe Endang Kusmariyatun S. Pd . MM menjelas, manfaatnya mengikuti kegiatan pramuka untuk mendidik anak-anak bisa bersifat mandiri, tegas, disiplin, dan anak-anak melaksanakan mandi sendiri, makan sendiri, serta kegiatan sendiri tanpa dibantu oleh orang tua kalau melaksanakan LT seperti itu. Tapi kalau di sekolah, tetap ada bimbingan dari kakak-kakak Pembina.

“Harapan kami di LT 3 nanti bisa mencapai juara 1, yang diadakan oleh Kwarcab Kabupaten Sidoarjo”, tutur Endang Kusmariyatun, saat ditemui awak media Panjinasional di ruang kerjanya, Rabu (27/9/2023).

Selanjutnya, Lomba Tingkat 3, nanti di Kabupaten saingannya lebih berat dan kita tetap optimis, jika bisa raih juara 1. Karena yang di kota-kota memang kalau juara 1 LT 3 itu bisa langsung masuk ke SMP Negeri yang di favoritkan/di idolakan, kalau di sini ya paling bisa masuk SMP Negeri 1 maupun ke SMP Negeri 2 Sedati.

“Kegiatan ini semua guru mendukung, juga kakak pembinanya memang pinter, anak-anak rutin dilatih kalau jam istirahat, sehingga anak-anak itu bisa dan patuh pada pembinanya. Penilaian LT 2 itu kan dari Kecamatan bukan dari dewan guru, selain itu anak-anak kompak. Yang paling utama wali murid, sangat mendukung anaknya diperbolehkan untuk mengikuti LT. Kalau tidak diperbolehkan ikut, kita tidak bisa gerak apa-apa”, ungkapnya.

“Lomba Tingkat 2 ini, semua dibiayai oleh sekolah dari dana bos, kita tidak menarik wali murid sepersenpun. Harapannya Wali murid nanti anaknya bisa masuk SMP negeri”, pungkasnya.

Sementara itu Ni’matur Rochmah, M. Pd. selaku pembina mengatakan, persiapannya untuk mengikuti Lomba Tingkat 2 yaitu pengkaderan, jadi memang pengkaderan di SDN Pepe itu untuk regu inti yang siap maju ke LT 2 itu dan sudah saya persiapkan sejak bulan Januari 2023,” ucapnya.

“Jadi sudah saya pilih dari 20 anak terdiri cowok 10 ceweknya 10, kemudian saya adakan kegiatan gladian pimpinan regu, jadi itu pemantapan materi-materi istilahnya leadershipnya. Setelah itu baru saya untuk melatih materi-materi yang dilombakan di Lomba Tingkat 2, untuk latihan rutin setiap sore”, tutur Ni’matur Rochmah.

Ni’matur, berharap semoga di LT 3 anak-anak bisa melakukan penampilan yang terbaik. “Kalau saya sebetulnya tidak mewajibkan anak-anak untuk menang, yang penting mereka harus melakukan yang terbaik di setiap penampilannya, jika menang Itu adalah sebuah bonus bagi anak-anak sebagai wujud kerja keras selama latihan,” pungkasnya.**@Ana/Afd

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *