Tingkatkan Ketahanan Pangan Nasional: Ketua DPRD Sidoarjo, Hadiri Silaturahmi Daerah Peternak Domba Kambing

Sidoarjo, Panjinusantara.com – Ketua DPRD kabupaten Sidoarjo H. Usman M. Kes., hadiri acara Silaturrahmi daerah peternak kambing se-kabupaten Sidoarjo, yang digelar oleh Dinas Pangan dan Pertanian kabupaten Sidoarjo, sebagai wujud dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, di Lapangan Area Tambak, Desa Damarsi, Buduran, Sidoarjo. Rabu (1/11/2023), Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan.

Pada acara tersebut juga di hadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi, S.H., Komandan Kodim 0816 Kapten Inf. Guntung Dwi Prasetyo, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo Dr. Eny Rustianingsih ST.MT, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Provinsi, Camat Buduran, dan seluruh kades se-Kecamatan Buduran.

Bacaan Lainnya

Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman M. Kes., sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan silaturrahmi peternak domba atau kambing. Apresiasi ini disampaikan pada saat memberikan sambutan.

“Kami selaku ketua DPRD Sidoarjo, mengapresiasi atas terselenggaranya silaturrahmi daerah para peternak domba atau kambing karena dengan silaturahmi bertemu para peternak di sini. Tentunya sesuai dengan sabda Nabi, siapa yang ingin di luaskan rezekinya dan dipanjangan umurnya maka lakukanlah silaturahmi.

“Mudah-mudahan dengan silaturahmi ini para peternak akan mendapatkan rezeki yang makin luas dan perternaknya akan semakin maju”, lanjut Usman.

H. Usman mengatakan, sebagai wakil rakyat harus hadir. Tentunya untuk mendengar, apa yang menjadi permasalahan para peternak domba atau kambing yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

“Mendengar aspirasi adalah sebuah kewajiban kami selaku wakil rakyat, yang mana dari hasil aspirasi yang panjenengan sampaikan kepada kami, maka akan kami bahas dengan jajaran eksekutif bupati, wakil bupati, dan dinas terkait, untuk mencarikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi para peternak domba atau kambing”, ucapnya.

“Kami berharap semoga kegiatan silaturahmi para peternak ini tidak hanya tahun ini saja, kalau bisa setiap tahun diadakan nanti perkara anggarannya biar tidak urunan, nanti dibicarkan dengan komisi yang membidangi”, pungkasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Sidoarjo untuk mendorong ketahanan pangan, dimana pembangunan peternakan menjadi bagian integral pembangunan nasional.

“Marilah kita terus melanjutkan pembangunan peternakan ini, melalui acara silaturahmi peternakan kambing domba di wilayah Sidoarjo. Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi peternak kambing domba local yang mandiri dan maju,” ajak Subandi

Menurutnya, agar UMKM peternakan mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional, Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Pangan dan Pertanian telah melakukan pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) dan membantu sertifikasi halal bagi pelaku UMKM secara gratis.

“Saat ini di Sidoarjo berkembang usaha agribisnis peternakan dari hulu sampai hilir. Dimana sasaran utama komoditas peternakan Sidoarjo adalah peningkatan nilai tambah produksi ternak untuk mencapai swasembada daging secara nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menegaskan, peternak harus terus meningkatkan kualitas dan peningkatan produksi ternak baik kambing, domba atau sapi. Dengan demikian kebutuhan konsumen dapat terpenuhi dengan harga yang terjangkau.

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, juga telah mengucurkan dana pembangunan infrastruktur untuk sentra – sentra ternak, tujuannya untuk implementasi kebijakan penguatan ketahanan pangan nasional.

Kepala desa Damarsi Miftahul Anwarudin menyampaikan, ucapan terimaksih dan selamat datang atas kahadiran wakil bupati beserta para tamu undangan ahlan wasahlan bihudurikum.

“Kami mewakili pemerintah desa Damarsi dan pemerintah Sawohan, mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam memberikann penghormatan baik tempat maupun jamuan kurang berkenan di hati panjenengan, sekali lagi mohon maaf yang sebesr-besarnya”, ungkap Miftahul Anwarudin.

“Semoga bapak wakil bupati Sidoarjo beserta jajaran, berikut bapak Komandan Kodim 0816 selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Dan mudah-mudahan perjalanan dari rumah sampai ke majlis ini dicatat Allah sebagai amal ibadah yang baik”, tutupnya.***@Kris/Afd

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *