Beberapa Penekanan Kapolda Jatim Saat Berangkatkan 1.013 Personel Amankan Pemilu 2024

Polda Jatim,

Surabaya, Panjinusantara.com – Polda Jawa Timur, gelar pasukan terakhir dalam rangka Bawah Kendali Operasi (BKO) ke wilayah rawan. Ada 1.013 personel Polda di–BKO-kan ke Polres – Polres yang membutuhkan penebalan pengamanan.

Kegiatan apel yang digelar di Lapangan Mapolda Jatim itu dipimpin oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs Imam Sugianto, Msi didampingi pejabat utama (PJU) Polda Jatim, Minggu (11/2/2024).

Bacaan Lainnya

Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Imam Sugianto, Msi dalam arahannya mengatakan, Polda Jatim menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat mantap Brata Semeru 2023-2024, dalam rangka pengamanan tahapan penyelenggaraan pemilu 2023-2024 di wilayah hukum Polda Jatim.

“Beberapa hari kedepan kita akan memasuki tahapan penting dari tahapan pemilu serentak tahun 2024 yaitu tahap pungut dan hitung suara tanggal 14 Februari 2024,” ucap.

“Nanti personel – personel ini akan ditempatkan di TPS – TPS yang membutuhkan penebalan. Mudah – mudahan tiga hari kedepan, semua terkonsolidasi dengan baik dan pengamanan TPS bekerjasama dengan TNI dan Linmas yang ditugaskan sudah siap tanggal 14 Februari berjalan lancar,” paparnya.

Ia juga menyampaikan, beberapa Polres sudah membuat inovasi – inovasi untuk menggugah para pemilih terutama generasi millenial untuk tertarik menuju ke TPS – TPS yang sudah ditentukan untuk menyalurkan suara.

“Setelah mencoblos mereka bisa makan gratis di outlet – outlet di Surabaya, kurang lebih ada 100 ribu pemilih pertama yang menyalurkan suara,” tambahnya.

Selanjutnya, ia juga menghimbau kepada generasi muda, “ayo sukseskan pemilu, dengan mendatangi TPS. Mudah – mudahan partisipasi pemilih dalam pemilu 2024 melebihi tahun 2019 lalu,” lanjut dia.

Sementara untuk wilayah yang perlu mendapatkan penebalan pasukan, Polresta Banyuwangi dan empat Polres di Madura, terutama di Sumenep dan Blitar Kota.

“Kita belajar dari tahun 2019. Dulu di Madura ada kotak suara hilang, diadakan PSU lagi kemudian bentrokan pendukung yang fanatik antara pendukung Paslon Capres maupun Cawapres sampai berdampak pembakaran Polsek di Sampang,” bebernya.

Ada 137 TPS rawan mayoritas di Madura, dan ada pula pengamanan TPS yang sangat rawan 2 TPS diamankan oleh 2 polisi. Selain itu juga menyiapkan pasukan stanby untuk mengantisipasi kontigensi 3 SSK baik Brimob maupun samapta setiap saat siap digerakkan.

Berikut beberapa penekanan Kapolda Jatim kepada pasukan personel dalam rangka Pam TPS;
– Jalin sinergitas dan kolaborasi yang baik dengan TNI, Pemerintahan setempat instansi terkait dan seluruh lapisan masyarakat guna terciptanya keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan pungut dan hitung suara,

– Laksanakan tugas pengamanan sesuai prosedur pegang teguh profesionalisme dan komitmen netralitas Polri,

– Lakukan pengenalan karakteristik wilayah serta lakukan deteksi ini terhadap wilayah di mana saudara-saudara di BKO kan,

– Jangan melakukan segala perbuatan yang kontraproduktif, sikapi setiap situasi di lapangan secara responsif, cepat, efektif, tegas, serta terukur sesuai prosedur tetap,

– Selalu pedomannya buku saku yang telah dibagikan sebagai panduan praktis sebagai petugas pelaksana pengamanan TPS,

– Agar seluruh personil senantiasa menjaga kesehatan dan meningkatkan kewaspadaan selama menjalankan tugas pengamanan. (hms)

Ikuti Berita Online Terupdate: https://panjinusantara.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *