Hadirilah Kalimati Bersholawat: Pemdes Kalimati Beserta Jajaran, Gelar Acara Ruwah Desa

Pemdes Kalimati Beserta Jajaran Gelar Acara Ruwah Desa
Gambari kiri, Kisno Molyo. S.SOs. selaku Kepala Desa, Kalimati, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo,

Sidoarjo, Panjinusantara.com – Mayoritas masyarakat kota hingga perdesaan masih mempercayai adat istiadat yang telah diwariskan oleh leluhur hingga saat ini. Hari ini Pemerintah Desa (Pemdes) Kalimati, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, beserta jajarannya menggelar acara Ruwah Desa, pada Minggu (3/3/2024) pagi.

Warga atau masyarakat mulai RT.01 sampai RT.13 sangat Antusias sekali, mereka berduyun-duyun menghadiri acara Ruwat Desa, di makam leluhur atau Buyut Desa Kalimati yaitu Mbah Grengseng.

Bacaan Lainnya

Menurut keterangan dari masyarakat setempat, Mbah Buyut Grengseng itu adalah Sosok atau cikal bakal yang Babat Desa Kalimati, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo,

Jadi untuk mengenang jasa-jasanya, setiap Ruwah Desa yang diadakan setiap tahunnya itu diwajibkan untuk hadir di makam Mbah Grengseng, setidaknya Uri-uri dari orang tua yang telah dilestarikan sampai sekarang ini dan masyarakat tetap menjaga Kearifan lokal.

Dalam Acara Ruwah Desa tadi pagi, masyarakat setempat tanpa dikomando, warga mulai dari RT.01 Sampai RT.13 membawa Berkat atau Tumpeng dari rumah masing-masing. Selain itu ada juga yang membawa hasil panen desa, ada Gunungan, dan juga Gunungan Hasil Bumi, kemudian diarak sekeliling desa menuju area Buyut Grengseng.

Kepala Desa (Kades) Kalimati, Kisno Molyo, S.Sos. saat diwawancarai oleh awak Media Panjinasional.net. dan Media Panjinusantara.com, ia menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atau warga desanya.

“Untuk Acara Ruwah Desa Kalimati Tahun ini di Khususkan untuk Bersholawat, yang mana pada satu bulan lalu khususnya Desa Kalimati, terkena musibah yaitu banyak rumah warga yang terdampak adanya Angin Puting Beliung,” ucapnya.

Masih kata Kades, “jadi untuk tahun ini gak perlu adanya eforia dulu karena ada sebagian warga atau masyarakat Desa Kalimati yang masih trauma. Apalagi rumahnya yang sebagian, hari ini belum selesai meronovasi rumahnya,” paparnya.

Woro-woro rangkaian acara nanti yang diadakan setelah Bag’da Isya pada Pukul 19.00 Wib, dengan tema “Kalimati Bersholawat”, bertempat di Balai Desa Kalimati, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo.

Acara sholawat tersebut dihadiri oleh Habib Hasan Alaydrus, Habib Abdurrahman Assegaf, Ustadz Farid, Ustadz Arisdiyanto, dan Kang Arif Billah, serta ada Hadrah Alfirdaus Sidoarjo.

Sebelum acara ditutup Kades Kalimati, Kisno Molyo, S. Sos. yang akrab disapa Lurah Gober, menyampaikan pesan kepada masyarakat yang hadir pada acara Ruwah Desa itu.

Ia mengatakan, “monggo kita tunggu Kehaadiranya beserta semua lapisan masyarakat, jangan lupa nanti malam bisa hadir dalam Rangka Kalimati Bersholawat, Ruwah Desa Kalimati. Demikian Yang Saya Sampaikan kepada Warga maupun Khalayak Ramai”, pesannya.**@Ana

Ikuti Berita Online Terupdate: https://panjinusantara.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *