Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Banjir: Pj Gubernur Jatim, Tinjau Lokasi Banjir di Kabupaten Bangkalan

Pj Gubernur Jatim Tinjau Lokasi Banjir di Kabupaten Bangkalan

Bangkalan, Panjinusantara.com – Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, bersama Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie, meninjau dua lokasi bencana banjir yang ada di wilayah Kabupaten Bangkalan, Rabu (13/3/2024).

Kedua lokasi banjir yang ditinjau antaralain, di Kecamatan Blega, dan Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Ketika memasuki musim penghujan, kedua lokasi itu menjadi daerah terdampak bencana banjir.

Bacaan Lainnya

Dengan menggunakan perahu karet, Pj Bupati Bangkalan, bersama Pj Gubernur Jawa Timur, dan didampingi tim BPBD Provinsi Jatim, menelusuri beberapa pemukiman warga yang masih terendam banjir di Kecamatan Blega, sekaligus menyalurkan bantuan kepada warga.

Pj Gubernur Jawa Timur mengatakan, bencana banjir yang terjadi di beberapa daerah di Provinsi Jawa Timur, diakibatkan tingginya curah hujan yang telah mencapai puncaknya.

“Curah hujan tinggi di tambah debit air yang tinggi menyebabkan aliran sungai dari hulu ke hilir meluap, dan akhirnya menggenangi pemukiman warga,” ucapnya.

“Jadi bencana banjir tidak hanya di Bangkalan saja namun juga di Sampang, Pamekasan, Bojonegoro, Mojokerto, dan Probolinggo,” ujarnya.

Sedangkan untuk upaya penanganan bencana banjir, Pj Gubernur Jatim mengatakan, pihaknya telah mengirimkan bantuan serta tim dari BPBD.

“Hal utama yang kita lakukan adalah memastikan keselamatan warga dan melaksanakan evakuasi bagi warga yang terdampak. Kami juga telah mendirikan dapur umum,” paparnya.

“Berbagai upaya yang kami lakukan bersama Pemkab Bangkalan, telah memenuhi SOP penanganan dampak bencana,” jelasnya.

Pj Gubernur Jatim, juga mengimbau kepada warga yang terdampak agar menetap di posko evakuasi dan tidak kembali ke rumah untuk sementara waktu. “Dikhawatirkan hujan akan tetap turun dalam beberapa hari kedepan,” jelasnya.

BPBD Provinsi Jatim, juga mengoperasikan pompa penyedot air dengan kemampuan 250 liter/detik, untuk mengurangi debit air yang menggenangi pemukiman warga terdampak banjir di Kecamatan Blega.

Sedangkan untuk mengatasi banjir di Blega, Pj Gubernur Jatim juga mengatakan, Pemprov Jatim telah menyiapkan anggaran untuk menormalisasi aliran sungai Blega.

“Kedepan nanti kita lakukan pelebaran dan pengerukan sungai, sehingga dapat menampung debit air dan mengatasi masalah banjir yang selama ini terjadi di Blega,” pungkasnya.***

Ikuti Berita Online Terupdate: https://panjinusantara.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *