Pengenalan Aplikasi IKD: Kemudahan Layanan Identitas Kependudukan Digital di Sampang

Kemudahan Layanan Identitas Kependudukan Digital di Sampang

Sampang, Panjinusantara.com – Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang, telah menghadirkan inovasi dalam pelayanan publik melalui Digital dengan memperkenalkan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), Selasa (26/3/2023), di jalan kusuma bangsa No.17A, Sampang.

“Pelayanan ini sangat mudah serta dapat dilakukan di rumah-rumah dengan melalui HP Android. Kita sudah dapat memiliki dan mengurus data keluarga melalui Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dengan aktivasi ke aktifan data di kantor dispindukcapil Sampang,” ucapnya,

Bacaan Lainnya

Kunjungan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) disambut dengan antusiasme di kantor Dispindukcapil, dimana program IKD dari pemerintah pusat yang telah berjalan selama dua tahun diperkenalkan.

Nur Alam, saat berada di tempat mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, menjelaskan bahwa mesin ini memberikan kemudahan mencetak kartu keluarga (KK) dan kartu identitas anak (KIA) tanpa perlu antre, hanya dengan menggunakan HP dan memberikannya kepada operator untuk mencetak.

Sosialisasi mengenai Identitas Kependudukan Digital (IKD) terus dilakukan oleh kantor dan dihadirkan dalam acara di alun-alun Sampang, yang diselenggarakan setiap hari Minggu.

“Untuk IKD yang sudah terdata dan di aktivasi undah mencapai 6000 yang menggunakan aplikasi IKD, namun target saya sampai 100 ribu yang menggunakan IKD. Dengan adanya ini memberikan kemudahan untuk menunjuk kan identitas pribadi saat di butuhkan,” ucapnya.

“Sampai saat ini sosialisasi masih tetap dilakukan oleh kantor dispindukcapil, untuk memenuhi target. Bahkan sudah bekerjasama dengan Bank Jatim untuk memberikan pelayanan nasabah, hanya membuktikan data pripadi lewat HP Android di akui ke absahannya,” tuturnya.

Perlu diketahui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, merupakan bantuan pemerintah yang memberikan pelayanan praktis dan cepat tanpa menunggu lama. (ful/mal)

Ikuti Berita Online Terupdate: https://panjinusantara.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *