Wabup Sidoarjo Tinjau Lokasi Korban Puting Beliung, Beri Instruksikan Dapur Umum dan Posko Kesehatan Siaga 24 Jam

Wabup Sidoarjo Tinjau Lokasi Korban Puting Beliung, Beri Instruksikan Dapur Umum dan Posko Kesehatan Siaga 24 Jam

Panjinusantara.com Sidoarjo || Bencana angin puting beliung yang melanda Kabupaten Sidoarjo sudah memasuki hari kelima. Kejadian ini di Dusun Mlaten, Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran, menjadi wilayah terparah diterjang angin puting beliung pada Minggu, 23 Oktober 2022, sore kemarin.

Ratusan rumah banyak yang rusak akibat bencana puting beliung di Dusun Mlaten Desa Sidokepung merupakan bencana kedua setelah Desa Durungbedug dan Durungbanjar Kecamatan Candi.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Sidoarjo, H. Subandi SH mengunjungi lokasi bencana Dusun Mlaten, Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran, bertujuan untuk memberikan bantuan berupa paket Sembako. Selain itu, ia juga ingin memastikan mengenai penanganan terhadap korban bencana, apakah sudah berjalan dengan baik.

Salah satunya pelayanan yang dilakukan Posko dapur umum dan Posko kesehatan. Ia meminta kepada pelayanan Posko, harus selalu siaga 24 jam. Personilnya harus mampu melayani setiap saat bagi warga korban bencana, Kamis (27/10/2022).

“Saya instruksikan, dapur umum disiagakan selama 24 jam, begitu juga dengan pelayanan kesehatan di buka selama 24 jam, sampai penanganan bencana di wilayah ini benar-benar pulih kembali,” ucap Subandi.

Wabup H. Subandi juga meminta untuk mendata para Lansia korban bencana. Dari data itu, nantinya pemerintah akan mengikutkan kepersertaan BPJS kesehatan. Dengan begitu warga golongan renta akan memperoleh pelayanan kesehatan gratis dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

“Saya meminta Dinas Sosial untuk mengakomodir warga terdampak bencana yang manula atau lanjut usia, untuk di ikutkan program BPJS Kesehatan gratis kelas III , biayanya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, agar mereka dapat berobat dengan mudah,”pintanya.

Dalam kesempatan itu Wabup H. Subandi meminta kepada warga supaya menjaga kesehatannya, karena perubahan cuaca seperti ini bisa mengganggu metabolisme tubuh. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan selalu waspada akan perubahan cuaca.

“Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, BPBD terus bergotong royong membantu warga, saya minta relawan yang ada di lokasi agar senantiasa juga menjaga kondisi kesehatannya masing-masing,” ungkap H. Subandi.

Wabup juga mengatakan, saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo bersama dengan instansi terkait terus melakukan pendataan korban bencana alam. Pendataan itu dilakukan, untuk kebutuhan pendistribusian bantuan dari Pemkab Sidoarjo. Sehingga, nantinya bantuan itu segera di distribusikan dengan cepat kepada yang berhak mendapatkanya.

Sementara itu Kades Sidokepung Elok Suciyati, S.H. didampingi stafnya mengatakan, ” saya tidak tega melihat kondisi warga saya, terutama para lansia. Mereka ada yang sakit stroke atau lumpuh, juga ada pula yang sakit-sakitan. Semoga bapak/ibu kaum lansia ini diberi kesehatan selalu, serta umur panjang. Saya juga berharap, agar korban musibah angin puting beliung di dusun Mlaten ini semua diberikan kesabaran,” tuturnya.

Sebanyak 25 lansia yang terdampak puting beliung, didatangi oleh kades Elok Suciati di rumahnya masing – masing dengan memberikan santunan kepada mereka.

“Semua ini ujian dari Allah SWT, teruslah berdoa agar senantiasa musibah ini segera berlalu. Mari kita doakan pula bantuan Pemkab Sidoarjo akan cepat tuntas dan pembenahan rumah-rumah warga masyarakat juga segera teratasi, tutupnya. @kin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *