Maju ke LT 3 Kwarcab Kabupaten Sidoarjo, Regu Penggalang Putri SDN Waru 1 Sukses Raih Juara 1

Maju ke LT 3 Kwarcab Kabupaten Sidoarjo, Regu Penggalang Putri SDN Waru 1 Sukses Raih Juara 1

Panjinusantara.com Sidoarjo – Regu Penggalang Putri Gerakan Pramuka SDN Waru 1 kecamatan Waru, Sidoarjo, sukses raih juara 1 pada ajang Lomba Tingkat (LT) 2 yang digelar oleh Kwarran kecamatan Waru, pada 18 September 2022 bulan lalu bertempat di SMPN 2 Waru.

Pada ajang Lomba tersebut, SDN Waru 1 mengirim 2 regu penggalang putra dan putri. Hasilnya regu Penggalang Putri meraih kesuksesan dan maju ke babak berikutnya untuk mengikuti LT 3, yang diselenggarakan Kwarcab Kabupatean Sidoarjo, pada 9-11 Nopember 2022, di Argaso Pusdiklat Balongbendo.

Bacaan Lainnya

Kesuksesan regu penggalang Putri ini tentunya berkat kerjasama dan dukungan dari semua pihak, termasuk kepala sekolah, dewan guru serta semangat pembina dan peserta anggota regu pramuka untuk meraih yang terbaik.

Kepala SDN Waru 1, Wiwik Sri Wigati S.Ag.MM mengatakan, tujuan Lomba Tingkat 2 agar anak – anak lebih mandiri dan bisa menjalani kedisiplinan. Selain itu, anak – anak tidak monoton di akademik saja, non akademik juga kita perhatikan. Karena kemampuan anak – anak tidak sama, ada yang menonjol di bidang akademik dan ada yang kurang menonjol di akademik.

“Bagi yang kurang menonjol di akademik, bisa mengembangkan kemampuan di non akademiknya melalui kegiatan pramuka. Jadi, kita juga mencari bibit anak – anak yang kurang menguasai dibidang akademik,” ujar Wiwik.

Kepala sekolah juga berharap, pada Lomba Tingkat 3 bisa meraih juara 1. “Untuk kedepan siswa – siswi kami. Adik – adiknya bisa melanjutkan kesuksesnya kakak – kakaknya. Kami juga berharap alumni SDN Waru 1 ini sukses menjadi anak yang cerdas, berkarakter menuju generasi milineal abad 21” ucapnya.

Selanjutnya, Yunita Mustika Dewi selaku pembina gudep putri menjelaskan persiapannya mengikuti lomba LT 2, “waktu musim pandemi, kita tetap mengikuti lomba walaupun secara daring, setiap minggunya kita tetap aktif, supaya anak-anak tidak lupa terhadap materi pramuka, dan untuk latihan sendiri. Alhamdulillah mendapat dukungan dari kepala sekolah dan bapak ibu guru juga, prihal waktu pembelajaran di kelas juga mendapat dispensasi untuk anak-anak agar latihan lebih giat lagi”.

Masih Yunita, “Karena materi pramuka di setiap harinya target untuk beberapa meteri lomba harus bisa kita capai, dan itulah rahasia kunci kemenangan. Jadi pembinanya jangan sampai malas, demi adik – adiknya kita harus sama – sama berjuang, Pembina berjuang, adik – adik berjuang, kepala sekolah berjuang, juga bapak ibu guru,” paparnya.

Pembina Gudep Putri, Yunita Mustika Dewi juga menambahkan, persiapan dalam menghadapi Lomba Tingkat 3 ini yang penting adalah kesehatan anak – anak lebih diutamakan. Kemudian materi lomba dan perlengkapan anak – anak supaya tidak ketinggalan.

“Kalau latihanya setiap hari, kurang lebih satu minggu menjelang lomba. Selama selesai lLT 2 kita berhenti sejenak, karena juknisnya dari kwarcab belum keluar. Tapi kita sudah latihan sebelumnya sambil menunggu juknisnya dari kwarcab keluar,” pungkasnya.

Ada 40 materi lomba antata lain, Semaphor, morse, sandi-sandi, PBB, Jinggle, PUPK, Yel-yel, Packing Pribadi, Tapak kemah, Pionaring, Memasak, Hasta Karya, Kemampuqn Indra Manusia, dan seterusnya.@Af

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *