Pemdes Siwalan Gelar Kirab Sedekah Bumi Dalam Rangka Bersih Desa

 

Bacaan Lainnya

Ponorogo, www.panjinusantara.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Siwalan, kecamatan Mlarak, menggelar kirab sedekah bumi dalam rangka bersih desa, Sabtu (17/06/2023). Acara tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Ponorogo Qomarrudin, S.Ag, Muspika, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan karang taruna.

Selain itu ribuan warga masyarakat desa Siwalan, berbondong-bondong memenuhi jalanan untuk bersama-sama mengarak tumpeng raksasa.

Tumpeng raksasa ini terdiri atas beragam hasil pertanian, dan hasil bumi lainnya. Tradisi kirab sedekah bumi arak-arakan tumpeng raksasa diarak mengelilingi desa Siwalan. Setelah itu masyarakat berdoa dipimpin tokoh agama, bersama untuk mengucapkan syukur.

Setelah berdoa bersama, puncak acara diwujudkan dengan tumpah ruahnya warga desa, memperebutkan isi tumpeng raksasa. Kegiatan bersih desa dimulai dari tanggal 16, yakni Doa bersama, istigosah, kirab sedekah bumi, dan pagelaran seni reyog.

Kepada awak media, Kepala Desa Siwalan Novi Dwi Herawati, S.Pd, MPd, menyampaikan, “Dengan digelarnya bersih desa Siwalan tahun 2023, selain bentuk wujud syukur kepada tuhan yang maha esa, bersih desa ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk melestarikan budaya Jawa dan menguatkan keanekaragaman, bersifat nasionalisme serta menguatkan nilai-nilai gotong royong dan masyarakat desa Siwalan, agar diberikan kedamaian ayem, tentrem, kondusif dan hasil yang melimpah,” harapnya.

Lebih lanjut, kepala desa Siwalan menyampaikan terimakasih kepada semua elemen warga masyarakat desa siwalan, yang telah ikut berperan dalam mensukseskan kegiatan bersih desa Siwalan tahun 2023. “Semoga membawa berkah dan kedamaian untuk masyarakat desa Siwalan”, tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *