Gerakan Pramuka Kwarran Kecamatan Gedangan, Gelar Lomba Tingkat II di Yon Arhanud 8

Sidoarjo, Panjinusantara.com – Gerakan Pramuka Kwartir ranting (Kwarran) Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, menggelar Lomba Tingkat (LT) II berlangsung di Yon Arhanud 8, yang diadakan selama 2 hari, mulai hari Sabtu, 14 Oktober sampai hari ini Minggu,15 Oktober 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa pangkalan, yang berasal dari SD Negeri / Swasta dan SMP Negeri /Swasta. Sebanyak 28 regu putra, dan 30 regu putri. Terdiri SD putra 23 regu, SMP putra 5 regu, SD Putri 24 regu, dan SMP putri 6 regu.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Gedangan Inneke Dwi Setiawati, S.STP, MPA, Danramil Gedangan Kapten Cba Wakhid, Komandan Arhanud diwakilkan Ka.Korum Lettu Arhanud Nanang Wijayanto, KaPolsek Kompol Rochsullah, Pengawas SD Korwil Gedangan Sudarmaji S.Pd . M. Si, Ketua Kwarran M. Kanafi, S.Pd,SD , Kepala desa Sruni Syaifuk Imaduddin, Kepala Puskesmas Ganting dr. Novita, Puskesmas Gedangan dr. Noer Amalis Sholeha, dan Kepala sekolah se-Kecamatan Gedangan.

Lomba Tingkat II diawali dengan upacara pembukaan. Sebagai pembina upacara adalah Camat Gedangan Inneke Dwi Setiawati, selaku Ka.Mabiran, sekaligus membuka dan meresmikan kegiatan tersebut dengan bacaan “Bismillahirrihmaanirrohiim”.

Disela-sela upacara dilaksanakan pelantikan Dewan kerja ranting Gedangan masa bakti 2023 – 2026, dan Penyematan tanda Jabatan, juga Penyematan kepada peserta Lomba Tingkat.

Ka. Mabiran Inneka Dwi Setiawati, S.STP. MPA, mengapresiasi kegiatan Lomba Tingkat II Kwarrtir ranting Gedanga ini, dan juga berterimakasih kepada panitia yang telah menyiapkan segala sesuatunya. Kegiatan ini merupakan program rutin dari Kwarran Gedangan, dan semoga sukses.

“Ini ajang bergengsi bagi adik-adik penggalang untuk unjuk kebolehan, yang selama ini pengetahuan, wawasan, keterampilan yang semuanya sudah adik-adik terima selama ikut gerakan pramuka hari ini adalah ajang pembuktiannya. Untuk itu ini media yang baik sekali untuk melahirkan pramuka-pramuka yang hebat, kedepan bisa berkompetisi lagi ditingkat yang lebih tinggi, yaitu LT III, LT IV dan V”, tutur Inneke Dwi Setiawati.

Selanjutnya, Inneke Dwi, mengucapkan selamat dan berikan motivasi kepada peserta Lomba Tingkat. “Selamat berjuang, tunjukan kompentensi yang terbaik yang adik-adik punya. Kalah menang itu belakangan, yang penting semangat untuk berjuang yang terbaik”, ucapnya.

“Adik-adik, kalian adalah calon generasi penerus bangsa, jadi kalau bicara generasi penerus tantanganya luar biasa. Kita harapkan menuju Indonesia emas tahun 2045, kalian adalah generasi penerus bangsa, jadi masa depan daerah, negara, bangsa Indonesia, adalah ditangan kalian semua. Melalui gerakan pramuka adik-adik ikuti, pemicu kearah generasi muda yang lebih baik”, tutupnya.

Sementara itu ketua panitia Lomba Tingkat II, kak Sumijan S.Pd. M.Pd menyampaikan, kegiatan LT 2 ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kwarran Gedangan setiap tahunnya. Namun tahun 2023, kegiatan ini sangat spesial karena dilaksanakan di lapangan Yon Arhanud 8 selama 2 hari.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode penghormatan yang berupa janji Tri Satya, dan Dasa darma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan dikalangan para pramuka penggalang, dan seleksi ke LT 3”, tutur Sumijan.

Lebih labh lanjut, “kami selaku panitia pelaksana mengucapkan yang sebesar-sebesarnya kepada bapak Nanang, selaku penanggung jawab di Komplek Yon Arhanud 8, serta fasilitas yang digunakan untuk kegiatan”, ucapnya.

Selain itu Sumijan, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya baik tenaga, fikiran, moril, maupun spritual.

“Harapan kami nantinya pelaksanaan kegiatan LT 2 sesuai yang diharapkan, fair, dan menjunjung tinggi sportivitas”, pungkasnya.

Ada 20 jenis perlombaan diantaranya, sandi dan semaphore, PBB, menaksir, pioneering, P3K, Pasang tenda, maket perkemahan dan dard, KIM, Tali temali, memasak dan lain sebagainya.***@Afd

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *