Usai di Revitalisasi, Alun-Alun Sidoarjo di Pasang CCTV Dan Internet Gratis Tanpa Password

Alun-Alun Sidoarjo

Sidoarjo, Panjinusantara.com – Alun-alun Sidoarjo kini bersinar setelah direvitalisasi oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Transformasi ini tidak hanya mengubah penampilan alun-alun, tetapi juga memberikan pengalaman baru bagi warga Sidoarjo dan pengunjung.

Salah satu perubahan itu seperti kabel-kabel bergelantungan yang mengganggu pemandangan Jayandaru, kini sudah dipindahkan. Alun-alun kini menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) tak pernah sepi pengunjung. Apalagi pada malam weekend, ramai sekali banyak warga yang berkunjung.

Bacaan Lainnya

Selain Perbaikan, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, juga menambahkan fasilitas baru yaitu membangun wahana bermain anak seperti playground, air mancur, dan layanan free wifi (internet gratis), menjadikan Alun-alun Sidoarjo sebagai jujugan tempat healing bagi masyarakat Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, yang akrab disapa Gus Muhdlor mengatakan, peningkatan fasilitas ini bertujuan untuk menciptakan ruang publik yang lebih nyaman dan menarik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Alun-alun Sidoarjo kini menjadi destinasi yang lebih ramah keluarga.

“Kalau mau sekedar healing bisa ke Alun-alun saja, selain dekat juga murah meriah. Semua kalangan bisa berkunjung ke Alun-alun Sidoarjo ini, mulai dari anak-anak hingga dewasa,” ucapnya, Jum’at (12/1/2024).

Ia berharap, revitalisasi ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas hidup warga, tetapi juga mendukung sektor pariwisata.

“Alun-Alun Sidoarjo yang baru ini diharapkan akan menjadi tempat berkumpul yang menyenangkan bagi masyarakat setempat dan pengunjung dari luar kota. Saya juga minta masyarakat ikut menjaga keindahan dan kebersihan,” harap Gus Muhdlor.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo, Noer Rochmawati, menjelaskan bahwa pemasangan layanan wifi gratis ini untuk meningkatkan konektivitas digital. Selain itu, pemasangan closed circuit television (cctv) juga dilakukan, tujuannya adalah untuk menjaga keamanan agar para pengunjung merasa nyaman dan aman.

“Kami berharap dengan adanya layanan wifi di Alun-Alun, masyarakat dapat lebih mudah terhubung dengan dunia digital. hal ini menjadi langkah positif dalam mendukung perkembangan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

Selanjutnya Ima juga menambahkan, inisiatif positif ini menjadikan Alun-alun Kabupaten Sidoarjo sebagai tempat yang ramah teknologi serta mendukung kegiatan masyarakat.

“Kalau ada wifi gratis, kan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung dan warga setempat untuk datang ke Alun-alun. Untuk mengakses internet sangat mudah karena tanpa password,” tambahnya.

Kepala Bidang Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo, Hery Santoso, mengatakan saat ini revitalisasi Alun-alun sisi timur sepanjang jalan Ahmad Yani, mulai dari sisi utara hingga selatan Monumen Jayandaru telah masuk tahap finishing.

Meski sudah masuk tahap finishing, Alun-alun Sidoarjo sudah bisa dinikmati oleh masyarakat. “Masyarakat Sidoarjo maupun luar Sidoarjo sudah bisa berkunjung dan bersantai di Alun-alun,” katanya.

Hery menambahkan, ada sebanyak 16 titik air mancur yang menambah keindahan Alun-alun Sidoarjo. “Tujuan air mancur ini agar membuat para pengunjung senang khususnya bagi anak-anak, dengan penampilan atraksi air mancur,” ucapnya.

Air mancur di Alun-alun beroperasi saat weekend, yaitu hari Sabtu malam pukul 16.30 Wib sampai pukul 17.00 Wib, sedangkan untuk hari Minggu mulai pukul 07.30 Wib hingga pukul 08.00 Wib.**

 

Ikuti Berita Online Terupdate: https://panjinusantara.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *