Posyandu Lansia Desa Jetis: Upaya Pemerintah Desa Meningkatkan Derajat Kesehatan Lansia

Posyandu Lansia Desa Jetis: Upaya Pemerintah Desa Meningkatkan Derajat Kesehatan Lansia
Kades Suprihatin

Madiun, Panjinusantara.com – Seperti pepatah mengatakan “Didalam Tubuh Yang Sehat, Terdapat Jiwa Yang Kuat”. Setiap manusia tidak terlepas dari permasalahan gangguan kesehatan yang cukup kompleks penyebabnya, baik yang disebabkan oleh kekurangan asupan gizi yang cukup maupun karena faktor usia yang sudah memasuki usia senja.

Bagi yang telah memasuki usia senja, diperlukan perhatian yang cukup ektra didalam menjaga kondisi kesehatan. Karena di usia senja itu, tubuh manusia sudah mengalami banyak penyusutan fungsi dari organ-organ tubuh yang berperan sistem metabolisme tubuh untuk mempertahankan kondisi tetap sehat.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, pemerintah melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Jetis, juga mempunyai program bagi usia senja/lanjut untuk aktif dalam kegiatan posyandu lansia yang diperuntukkan untuk usia lanjut diatas 50 tahun.

Pada usia diatas 50 tahun ini, kondisi tubuh sudah mengalami penurunan fungsi organ-organ tubuhnya, karena itu wajib dijaga dan diperhatikan.

Melalui program posyandu lansia, Pemerintah Desa Jetis, mengajak kaum lansia untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatannya dan secara rutin harus memeriksakan kondisi kesehatan seperti checkup tensi darah, gula darah, asam urat dll.

Pemerintah desa bekerjasama dengan Dinas kesehatan melalui polindes, akan melakukan kegiatan rutin bulanan yaitu pemeriksaan kesehatan kaum lansia yang bertujuan untuk membantu masyarakat lansia meningkatkan derajat kesehatannya.

“Untuk program posyandu lansia ini diikuti oleh 200 orang dari 3 wilayah dusun yang ada di desa ini yaitu Dusun Umbulsari, Pandansari, serta Plaosan. Dan kegiatan posyandu lansia ini langsung melibatkan Dinkes. Dalam hal ini polindes yang akan melakukan pemeriksaan rutin tiap bulan,” ucapnya.

Dalam kegiatan posyandu lansia ini, diadakan pemeriksaan kesehatan seperti checkup kesehatan tensi darah, gula darah, asam urat, kolesterol dan lain-lain.

“Dengan pemeriksaan kesehatan ini, diharapkan masyarakat lansia dapat terpantau kondisi kesehatannya dan dapat terus meningkatkan derajat kesehatannya,” terang Kades Suprihatin.**@Gus

Ikuti Berita Online Terupdate: https://panjinusantara.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *