SDN Sidodadi 1 Sidoarjo Kembali Meraih Juara Dalam Lomba Tingkat II

SDN Sidodadi 1 Sidoarjo Kembali Meraih Juara Dalam Lomba Tingkat II

Panjinusantara.com Sidoarjo || SDN Sidodadi 1 kecamatan Taman, kabupaten Sidoarjo, kembali meraih juara dalam Lomba Tingkat II, Pramuka Penggalang, yaitu Regu Garuda Juara umun 1 Putra, dan Juara Umum II Putri, dalam ajang Lomba Tingkat II yang digelar Kwartir Ranting (Kwarran) pada 13 – 14 September 2022 lalu di Telogo Sewu Pandaan.

Sebelumnya, SDN Sidodadi 1 ini, juga pernah mendapatkan juara umum II Lomba Giat Terampil Penggalang (Logitaga) pada 3 September 2022, dan pernah meraih juara unggul di Lomba Tingkat III, yang diselenggarakan Kwarcab Sidoarjo di Sasana Krida Jati Jejer.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa jenis lomba dalam ajang tersebut, yaitu Pionering, PBB, Smaphore Dance, dan SMS (Sandi Morse Smaphore). Kemampuan Indra Manusia, Hasta Karya, TTG, Administrasi, dan sebagainya.

Kepala SDN Sidodadi 1 Zulaikah S.Pd, mengatakan “Alhamdulillh, anak – anak bisa mengikuti ke Lomba Tingkat III, dan anak-anak harus bersemangat. Berharap di Lomba Tingkat III bisa meraih juara umum 1 lagi. Untuk kakak-kakak pembina tetap bersemangat dan anak-anak yang dibina dari regu garuda serta wali murid tetap semangat untuk melaksanakan LT III nanti,” ujar Zulaikah saat ditemui di ruang kerjanya. Jumat, (14/10/2022).

“Prestasi yang diraih ini merupakan buah dari kerja sama dan kerja keras tanpa mengenal lelah dari seluruh tim beserta  bapak dan ibu guru pendamping. Semoga prestasi yang telah diraih dapat memotivasi siswa untuk terus berprestasi baik di bidang pramuka maupun di bidang lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu Endang Kusripinah S.Pd selaku pembina mengatakan, disini kita sebagai motivasi awal bahwa SDN Sididadi 1, karena sudah punya nama di tingkat nasional dari berbagai lomba bukan hanya di pramuka. Jadi kita berkomitmen membentuk generasi unggul disegala hal raih prestasi. Selanjutnya Endang menjelaskan terkait persiapan dalam menghadapi lomba, kalau latihan sudah terjadwal, motivasi merupakan yang nomer satu dan bekerjasama dengan wali murid bersinergi dengan baik.

“Kalau latihan rutin seminggu sekali, kalau intensif 1-4 kali dalam seminggu. Kalau sudah Tehnical Meeting (TM) seperti apa, kita mamfaatkan (distreng) latihan setiap hari kecuali minggu libur. TM 1 bulan sebelumnya, kadang 3 minggu, seperti  Logitaga, untuk Penggalag Beraksi persiapanya 10 hari. Jadi prestasi tetap diraih sebagai produk unggulan di SDN Sidodadi 1,” lanjut Endang.

Endang mengaku merasa bangga dipramuka ini karena sudah menguji kemampuan kita, di Jawa Timur  kita sudah membuktikan hasil dari latihan anak-anak  tersebut meraih juara III, dan mudah-mudahan di Jawa Timur juara 1″ tuturnya.

“Lomba tingkat ini merupaka lomba berjenjang, nanti akhirnya sampai ke tingkat nasional, dimulai dari gugus depan, kwarran (kecamatan), Kwarcab,  Kwarda, dan Kwartir Nasional (Kwarnas), itu untuk mengasah keterampilan, labskillnya adik-adik, bahwa pramuka itu memang untuk keterampilan, kecekatan dalam menghadapi situasi dan kondisi” tutupnya.

Prestasi pramuka di SDN Sidodadi 1 yang lain adalah tahun 2021 juara umum III Putra dan Juara harapan 1 putri, dan juara III lomba kompas, sandi dan morse jelajah kota tingkat kabupaten tahun 2020, juara umum 1 putra, juara umum III putri penggagalang terampil dalam rangka HUT Pramuka. Pada 2019 juara Prestasi Cukup lomba tingkat III  , oleh Kwarcab Sidoarjo.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *