Deteksi dini penyakit pada lansia, Petugas Kesehatan Lapas Lakukan screning kesehatan POSBINDU

Deteksi dini penyakit pada lansia, Petugas Kesehatan Lapas Lakukan screning kesehatan POSBINDU

Deteksi dini penyakit pada lansia, Petugas Kesehatan Lapas Lakukan screning kesehatan POSBINDU

Mojokerto, www.panjinusantara.com – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lanjut Usia (Lansia) ikuti Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) di aula serbaguna Lapas Mojokerto Kanwil Kemenkumham Jatim, untuk dilakukan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit, Rabu (08/02/2023) Pagi.

Bacaan Lainnya

Posbindu yang digelar lapas mojokerto ini dilaksanakan oleh petugas Kesehatan Lapas dengan didampingi Kasi Bimnadik serta Kasubsi Perawatan. Selain dilakukan deteksi dini penyakit pada warga binaan lansia juga dilakukan pemberian extra fooding berupa kolak kacang hijau untuk menambah nutrisi warga binaan.

Tercatat sejumlah 19 warga binaan lansia yang mengikuti kegiatan ini sudah berkumpul di aula serbaguna sejak pukul 08.00 Wib.

Sebelum screening kesehatan dimulai disampaikan edukasi terkait kesehatan dan pola hidup sehat oleh Yunis Argestin selaku petugas Kesehatan Lapas.

Ada beberapa poin menjadi titik berat penyampaiannya, salah satunya terkait kedisiplinan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Dalam meminum obat, bagi WBP harus meminum obat secara rutin.

“Memang ada beberapa WBP Lansia telah tercatat memiliki penyakit tidak menular, yang mengharuskan mengkonsumsi obat rutin. Hal tersebut terus dimonitor semenjak terdeteksinya WBP tersebut memiliki penyakit sejak screening awal masuk lapas,” ucap Yunis Argestin.

Dalam kesempatan itu, Kalapas Mojokerto melalui Kasi Bimnadik Bayu Noviyanto, saat menyampaikan arahannya dan juga memberikan pesan-pesan terkait kedisiplinan dalam menjaga pola hidup sehat.

“Setelah ini bapak-bapak semua tolong lebih ditingkatkan lagi dalam menjaga kesehatan, yang minum obat jangan sampai telat dan selalu konsulasikan ke Poliklinik Lapas, jika ada keluhan terkait kesehatan”, paparnya.

Selanjutnya, Bayu Noviyanto selaku Kasi Bimnadik juga menyampaikan kegiatan Posbindu yang telah rutin dilakukan ini akan secara terus menerus.

“Kegiatan Posbindu ini secara rutin akan kita laksanakan pada tiap bulannya, jadi bapak-bapak bisa memanfaatkan semaksimal mungkin giat ini sebagai upaya dalam menjaga keshatan bapak semua” Ujarnya.(Ana)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *