Media Panjinasional Melaksanakan Acara Raker Akhir Tahun 2023, Mengusung Tema “IT Digital Vs Plagiarisme Journalistik”

Raker Akhir Tahun 2023
Media Panjinasional Melaksanakan Acara Raker Akhir Tahun 2023, Mengusung Tema "IT Digital Vs Plagiarisme Journalistik" yang di laksanakan di Royal Orchids Garden Hotel Kota Batu, Malang, Jawa Timur, pada tanggal 17 -18 Desember 2023.

Malang, Panjinusantara.com – Seluruh keluarga besar Media Panjinasional dari berbagai wilayah Kabupaten/Kota, menghadiri acara Rapat Kerja (Raker) Akhir Tahun 2023, yang di laksanakan di Royal Orchids Garden Hotel Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Kegiatan Raker Akhir Tahun 2023 ini dilaksakan selama dua hari, mulai tanggal 17 -18 Desember 2023, yang di kemas dengan Tema IT Digital Vs Plagiarisme Journalistik.

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam acara tersebut, antaralain: Gatot Irawan selaku Pimred Media Panjinasional, serta jajaran Dewan Redaksi, dan Kabiro serta wartawan dari berbagai wilayah Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Tak hanya itu saja, Asisten Manager Humas Perumdam Delta Tirta Sidoarjo Bachtiar Ifan Nur,i SE juga turut hadir dalam acara tersebut, Selasa (19/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Pimpinan Redaksi (Pimred) media Panjinasional, Gatot irawan, memberikan penyegaran kepada seluruh wartawannya dari berbagai wilayah Kabupaten/Kota, untuk lebih eksis dalam membuat karya berita agar mempunyai nilai positif.

“Kita harus lebih semangat lagi di tahun 2024 mendatang, untuk menghadapi perkembangan Era Digital. Jangan lagi menjadi plagiat yang menulis berdasarkan dari Rilis berita dan atau copy paste karya tulisan orang lain seolah olah karangan sendiri, dan itu bukan karya jurnalistik”, ucap tegas Gatot Irawan, selaku Pimred media Panjinasional.

Pentingnya Wartawan Menguasai Digital di Era Sekarang Ini

Pemred Panjinasional, Gatot Irawan mengatakan, saat ini kita berada pada kecanggihan teknologi digital yang terafiliasi dengan google analitik, google console berkolaborasi dengan Aplikasi AI (Artificial Intelligence) dengan kecerdasan buatan.

Aplikasi AI (Artificial Intelligence) itu apa ya !.

Gatot, sapaan akrabnya menjelaskan, AI menguasai 7000 juta karakter yang bisa membantu apa yang kita inginkan guna memberikan perintah secara cerdas.

“AI bisa menjawab dengan hitungan detik apa yang kita perintahkan”, paparnya.

“Jika wartawan tidak mau meningkatkan kemampuannya, mungkin dengan berjalannya waktu akan Terdegradasi secara Sistem,” ucap tegas Gatot.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Manager Humas Perumdam Delta Tirta Sidoarjo, Bachtiar Ifan Nur,i SE sangat mengapresiasi Kegiatan tahunan Rapat Kerja Akhir Tahun 2023 media Panjinasional ini.

Menurutnya, apa yang di sampaikan Gatot Irawan, selaku Pemred Media Panjinasional, mengenai Plagiatisme Jurnalistik sangat lah benar.

“Dalam mengulas dan membongkar Plagiatisme Jurnalistik sangat gamblang, dan ini ada hubungannya dengan Humas,” paparnya.

Ia menambahkan, Media juga Stakeholder dalam mengawal kegiatan. “Media adalah sebagai kontrol terkait kinerja kita. Saya merasa bangga bisa hadir dalam acara Raker Akhir Tahun ini, karena saya mendapatkan pemahaman tentang sistem kinerja Jurnalistik versi Media Panjinasional,” ucap Bachtiar Ifan Nur,i SE selaku Asisten Manager Humas Perumdam Delta Tirta Sidoarjo.

Selanjutnya, Mohammad Sholeh, selaku Wapimred Media Panjinasional menerangkan, menjadi wartawan harus kreatif dalam pemberitaan, dan terus tingkatkan pengetahuan, serta ikuti kegiatan perlombaan kompetisi jurnalistik tingkat nasional.

“Khususnya bagi rekan2 yang hadir disini, jika di wilayah kalian, ada kegiatan perlombaan kompetisi jurnalistik tingkat nasional, kita sebagai wartawan harus ikut serta,” tuturnya.

Pada sesi terakhir, Gatot Irawan, memberikan Cendera Mata berupa Pin berlogo Garuda Pers Wartawan, yang diberikan kepada tujuh kabiro wilayah, diantaranya: biro Sumenep, biro Pamekasan, biro Sampang, biro Bangkalan, biro Gersik, biro Sidoarjo, biro Jombang. Tak hanya itu saja, salah satu Dewan Redaksi juga menerima cendera mata berupa Pin tersebut.

Terpantau acara Raker Akhir Tahun 2023, berjalan lancar sesuai harapan dan sesuai konsep dari Redaksi Panjinasional.**@Akmal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *